Pulau Bunaken, Surga Bagi Para Pencinta Bawah Laut

Pulau Bunaken, Surga Bagi Para Pencinta Bawah Laut

Bunaken merupakan sebuah pulau yang terletak di Sulawesi, Indonesia. Pulau ini memiliki luas sebesar 8,08 km².

Pulau ini juga merupakan bagian dari kota Manado yang merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Biasanya waktu untuk ke pulau ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit menggunakan speed boat.

Tempat yang satu ini menawarkan kecantikan bawah laut yang membuat wisatawan dari berbagai daerah atau negara berdecak kagum.

Terumbu karang yang masih terjaga, dan juga jenis ikan yang sangat beragam dan berwarna-warni membuat Bunaken seperti surga.

Pulau Bunaken sendirinya merupakan pulau yang letaknya di Teluk Manado dan berselahan dengan Pulau Manado Tua, Siladen, Mantihage.

Taman laut ini memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi juga lho dengan batas maksimal 1.344 meter.

Dari 20 titik selam yang tersedia, 14 titik selam tersebut berada disekitar pulau Bunaken sendiri, dan 14 titik inilah merupakan tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Pulau Bunaken, Surga Bagi Para Pencinta Bawah Laut

Pulau Bunaken pada awalnya ditemukan di tahun 1975 dan dulunya sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, terdapat kepercayaan bahwa terdapat roh jahat yang menghuni tempat tersebut.

Di tahun 1991 tempat ini diresmikan untuk menjadi Taman nasional, dan ditahun 2005 Taman Nasional ini masuk kedalam salah satu situs warisan dunia dari UNESCO.

Dulunya tempat ini merupakan tempat yang berpenghuni tepatnya pada tahun 1400an. Lalu para penduduk memutuskan untuk pindah ke TJ. Parigi  yang lebih tepatnya kea rah tenggara tepi pantai.

Penduduk tersebut memberikan nama ke tempat yang mereka jadikan tempat tinggal yaitu Wunakeng yang merupakan singkatan dari Kinawungakeng, lalu kemudian berganti nama menjadi Bunaken yang memiliki arti seabgai tempat mendarat dari sebuah perahu.

Nah, untuk pemandangan bawah laut sendiri kamu harus mencoba melihat beberapa spot yang sangat keren.

Misalnya seperti reruntuhan kapal di Manado yang berada dikedalaman 23 meter dibawah permukaan laut dengan luas sebesar 60meter.

Kapal tersebut merupakan kapal bekas negara Jerman yang pada masa dulu tenggelam disekitar tahun 40an.

Kamu yang ingin melihat kapal ini nantinya bisa menyelusuri bagian-bagian kapal dari ruang kemudi dan lain-lain yang saat ini sudah diisi oleh karang.

Selain itu, kamu juga bisa melihat ikan barracuda di Puncak Baracuda dan tempat ini memiliki lokasi yang paling jauh.

Tempat ini berada dibagian barat laut dari taman nasional, dan sesuai dengan namananya, disini kamu bisa melihat langsung gerombolan ikan barracuda yang memiliki ukuran yang besar.

Tak hanya sampai disitu, kamu juga melihat ikan tuna dan juga jack, yang menarik juga kamu bisa menemukan karang lunak dan spons.

Tempat yang satu ini  juga sedikit berbeda dengan tempat lainnya di taman nasional, karena tempat ini memiliki arus yang terbentuk dari pergantian antara dearah terumbu karang dan juga daerah berpasir.

Bunaken Timor juga menjadi salah satu spot yang terkenal karena keindahannya, namun sayangnya untuk para pemula kamu harus ekstra berhati-hati karena arus disini terkenal cukup kuat dan kamu bisa melihat berbagi ikan yang hidup, dan memiliki gua bawah laut yang keren.

Nah, kira-kira itulah sedikit pembahasan mengenai Taman Nasional Bunaken yang menjadi surga untuk para pencinta taman laut.

Semoga article ini bermanfaat untuk kamu yang mencari informasi seputar Bunaken ya, dan ingat untuk tetap menjaga kebersihan ke tempat yang kamu datangi untuk kenyamana bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *