Goa Gong Pcaitan

Goa Gong, Keindahan Yang Tersembunyi Di Pacitan

Banyak tempat wisata yang menghadirkan keindahan alam. Indonesia merupakan surga bagi para pecinta pantai dan gunung. Pantai indah yang tersebar luas dari sabang sampai marauke dan gunung-gunung indah yang berdiri dengan gagah di nusantara ini membius para wisatawan dan pecint alam dari dalam maupun luar negeri.

Selain gunung dan  pantai, Indonesia juga menyimpan keindahan lain. Goa menjadi salah satu tempat wisata yang belum banyak orang ketahui. Keindahan Goa yang ada di Indonesia juga tidak kalah dengan wisata goa yang ada di luar negeri. Suasana berbeda yang ditawarkan menjadi hal baru bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Salah satu goa indah yang ada di Indonesia adalah Goa Gong yang berada di Pacitan Jawa Timur. Menurut desas-desus yang beredar, goa ini menjadi salah satu goa yang terindah se asia tenggara.

Goa ini ditemukan pertama kali oleh Mbah Joyorejo dan Mbah Noyosemito pada tahun 1924. Kisah tersebut berawal dari kampung dari kedua orang ini mengalami kekeringan karena diterpa musim kemarau yang Panjang. Karena ingin pulang dengan membawa air, mereka nekat untuk memeriksa semua tempat yang ada di sekitar mereka dan akhirnya menemukan goa tidak jauh dari perkampungannya. Suasana disana sangat angker dan membuat mereka takut pada awalnya, namun karena sangat butuh dengan air, mereka memberanikan diri untuk masuk kesana dan memeriksa goa tersebut. Hasilnya mereka menemukan sumber air yang bisa dipakai untuk para warga perkampungan.

Cerita ini terus berkembang dan akhirnya pada tahun 1995, Surahmin mengadakan ekspedisi dengan 9 rekannya ke dalam goa tersebut dan hasilnya membuat terpesona tim ekspedisi tersebut.

Goa yang memilki kedalaman sekitar 300 meter ini dihiasi oleh formasi batuan yang terbentuk dari stalagtit dan stalaknit yang sudah berusia skitar 1000 tahun lebih. Pencahayaan yang dipasang di dalam goa tersebut menambah keindahan goa tersebut. Cahaya yang dipantulkan oleh stalagnit dan stalaknit mmbuat keindahan tersendiri.

Dalam goa ini juga terdapat 4 kolam sumber air dan 7 ruangan yang berada di dalam goa tersebut. Nama gong sendiri tercipta karena batuan dalam goa tersebut jika dipukul dapat menimbulkan bunyi instrumental alat music tradisional gong.

Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi goa ini. Pada zaman dulu goa ini dikatakan angker karena warga sekitar mendengar suara gong dari dalam goa. Ternyata suara itu berasal dari tetsan air yang jatuh ke bebatuan yang ada di dalam dan menghasilkan suara gong.

Goa Gong ini juga pernah digunakan untuk pertunjukan music dan disiarka ke empat negara untuk mempromosikan keindahan goa ini. Saat ini pengunjung goa ini sudah berdatangan dari luar daerah pacitan, bahkan turis luar negeri sudah banyak yang berdatangan untuk melihatt keindahan goa ini.

Jam oeprasional di wisata Goa Gong ini adalah dibuka mulai pukul 07.00 wib samapi ditutup pukul 16.00 WIB. Diingat ya kawan, jangan sampai karena saking seru mengeksplor goa tersebut hingga lupa waktu dan bermalam di goa tersebut.

Bagi wisatwan tidak perlu khawatir kelaparan, karena di sekitar sana banyak warga sekitar yang menjual makanan khas daerah pacitan yang bisa kalian cicipi. Harga dari kuliner disana pun terjangkau untuk kantong anda. Selamat menikmati wisata Goa Gong di Pacitan ya kawan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *