Daftar Gunung Yang Bisa Dijadikan Referensi Mendaki Bagi Pemula.

Daftar Gunung Yang Bisa Dijadikan Referensi Mendaki Bagi Pemula.

Mendaki saat ini sudah menjadi hobi yang cukup digemari, baik dari anak muda hingga pekerja yang memilih wisata alam untuk melepas stressnya, entah sekedar diajak teman ataau memang hobi, namun jika berhasil mencapai puncak gunung, tentunya akan memiliki rasa bangga tersendiri.

Mendaki gunung bukanlah perkara yang mudah, karena medan yang dilalui akan beragam belum lagi ditambah dengan cuaca yang ekstrem pada suatu pegunungan.

Oleh karena itu untuk kamu yang merupakan pendaki baru, jangan langsung mendaki gunung yang level susah, cobalah terlebih dahulu gunung-gunung yang pendek.

Dibawah ini beberapa rekomendasi gunung yang cocok kamu para pendaki pemula.

1.Gunung Penanggunan

Daftar Gunung Yang Bisa Dijadikan Referensi Mendaki Bagi Pemula.

Gunung yang berada di sisi barat Kabupaten Mojokerto dan hanya berjarak 55 kilometer dari kota Surabaya ini memiliki ketinggian 1.653 meter diatas permukaan laut.

Gunung ini merupakan sebuah gunung kecil yang berada satu klister dengan gunung Arjuno dan gunung Welirang, meskipun kecil kamu tidak boleh meremehkan gunung yang satu ini ya, sepanjang jalan menuju puncak gunung ini kamu akan melihat banyak peninggalan pada jaman Hindu – Buddha.

Gunung ini juga dipandang sebagai gunung keramat, dan disebut juga sebagai jelamaan mahameru, dikatakan begitu karena pada masa dulu para dewa menyetujui manusia dapat berkembang di pulau Jawa, namun meskipun begitu pulau ini akan sering diterjang bencana karena pulau ini  merupakan pulau yang tidak stabil.

2.Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran

Sesuai namanya, gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kec Patuk, Kab Gunung Kidul. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 700 meter diatas permukaan laut lho. Kamu hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam saja untuk mencapai puncak gunung tersebut.

Gunung ini memiliki 2 puncak dengan dua sisi yang berbeda , yaitu Puncak sisi Barat dan Timur, rata-rata pendaki memilih melakukan aktivitas camping disini, bagi kamu yang ingin melihat pemandagan sunrise, kamu harus mencapai puncak disebelah timur ya.

Untuk memasuki gunung tersebut kamu akan dipungut biaya sebesar 15.000 ribu pada siang hari dan 20.000 ribu pada malam hari. Kawasan ini dikelola secara resmi oleh Karang Taruna Desa Nglanggeran.

3.Gunung Batur

Gunung Batur

Gunung ini merupakan gunung aktif yang terletak di Kec.Kintamani, dengan ketinggian 1.717 meter diatas permukaan laut. Selain itu, untuk mencapai puncaknya kamu memerlukan waktu selama 2,5 jam.

Meskipun gunung ini tergolong pendek, namun gunung Batur merupakan salah satu gunung di Indonesia dengan kaldera terluas. Gunung ini menyajikan pemandangan danau Batur yang indah dengan diikuti pemandangan Gunung Abang dan Gunung Rinjani.

Sedikit sejarah tentang gunung ini, awalnya gunung yang satu ini merupakan puncak dari gunung Mahameru yang akhirnya dipindahkan oleh Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh  atau bisa disebuh Istana Dewi Danu, dalam waktu tertentu, seluruh umat Hindu di Bali akan pergi ke daerah Batur ini untuk menghaturkan Suwinih, hal ini bertujuan untuk menghindari musibah hama yang terjadi pada ladang mereka.

Selain itu, di gunung Batur terdapat Trunyan yang dimana mereka adalah penduduk asli gunung tersebut, mereka merupakan penduduk agama Hindu yang dikatakan sebagai Hindu asli dari kerajaan Majapahit. Lalu pada sisi utara Trunyan sedniri terdapat sebuah kuban, yang merupakan tempat pemakamam untuk desa ini. Tradisi pemakaman dikampung ini tergolong unik, karena mereka tidak menguburkannya tapi hanya ditutupi daun berbentuk segitiga.

Nah itulah beberapa gunung yang kami rekomendasikan untuk kamu yang baru mau mencoba mendaki, pastikan sebelum mendaki persiapkan semua dengan matang ya,dan selalu jaga kebersihan kemanapun kamu pergi. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *