Awas, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mendaki Gunung

Awas, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan hal yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Dari remaja hingga umur yang sudah lanjut melakukan kegiatan ini. Banyaknya gunung yang tersebar di Indonesia membuat minat para pendaki di Indoensia tidak pernah surut. Banyak pendaki pemula yang sudah memberanikan diri untuk mulai mendaki gunung yang ada di Indonesia.

hal tersebut membuat gunung menjadi destinasi yangramai saat memasuki musim libur. Namun saat mendaki gunung ada peraturan yang tertulis ataupun tidak tertulis yang harus kita patuhi. Peraturan tersebut dibuat dengan tujuan untuk memelihara alam yang ada di gunung tersebut dan keamanan para pendaki yang sedang mendaki disana.

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Banyak pendaki pemula yang mendaki tanpa mematuhi aturan yang ada. Hal tersebut bisa membahayakan keselamatan pendaki itu sendiri dan kelestarian alam yang ada disana. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung.

1.Membuang Sampah Sembarangan

Awas, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mendaki Gunung

Membuang sampah sembarangan merupakan hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki. Karena akan menganggu kelestarian lingkungan yang ada disana. Sampah yang dibuang sebarangan disana akan mencemari tumbuhan yang ada disana. Hal tersebut bisa membuat beberapa tanaman yang ada disana mati karena tercemar dari sampah yang dibuang disana. Selain mengancam kelestarian dari lingkungan di gunung, membuang sampah sembarangan juga bisa menganggu keindahan yang ada di gunung tersebut. Pemandangan yang indah akan terganggu dengan adanya sampah yang menumpuk. Selain itu, bau yang ditimbulkan juga pasti sangat menganggu para pendaki yang melewati jalur tersebut. Kita tidak mau kan saat kita ke gunung untuk menikmati keindahan alam tapi malah terganggu karena tumpukan sampah yang dibuang sembarangan disana.

2. Membuang Puntung Rokok Sembarangan

Membuang Puntung Rokok Sembarangan

Para perokok diharapkan untuk tidak membuang punting rokok sembarangan di gunung. Hal tersebut dikarenakan dapat berpotensi menyebabkan kebakaran hutan yang ada di gunung. Saat kita mendaki di musim kemarau, banyak daun kering yang jatuh berguguran di jalur yang biasa dilewati oleh pendaki. Jika kamu membuang punting rokok yang ke daun kering tersebut mampu menimbulkan nyala api. Keringnya daun disana membuat api merambat  dengan cepat dan membakar hutan yang ada disana. Jika kebakaran hutan terjadi, lingkungan alam disana akan hangus, lalu membahayakan pendaki yang terjebak dalam kebakaran tersebut dan mampu memusnahkan spesies tanaman atau hewan yang mati akibat kebakaran yang hanya b\erawal dari punting rokok. Jadi bagi kamu yang seorang perokok, punting rokok bisa anda taruh di sebuah kantong sampah dan setelah dibawah baru dibuang ke tempat sampah.

3.Memetik Bunga Atau Tanaman

emetik Bunga Atau Tanaman

Suburnya alam yang ada di gunung membuat banyak tumbuhan dan bunga tumbuh disana. Banyak diantaranya mempunyai bentuk yang indah, bahkan tanaman atau bunga tersebut hanya bisa tumbuh di gunung itu saja. Karena untuk menjaga kelestarian dari tumbuhan tersebut, kamu dilarang untuk memetic tumbuhan atau bunga tersebut. Jika semua orang yang mendaki memetik bunga atau tumbuhan yang ada disana, maka semakin lama tanaman atau bunga tersbut akan hilang karena habis diambil oleh para pendaki dan tidak bisa tumbuh lagi.

4.Berbicara Kasar dan Tidak Sopan

Berbicara Kasar dan Tidak Sopan

Prilaku merupakan salah satu aspek yang harus dijaga saat mendaki. Hal tersebut merupakan peraturan yang tidak tertulis yang harus dipatuhi oleh pendaki. Tujuan dari adanya peraturan itu adalah untuk menjaga keselamatan para pendaki. Karena ada beberapa mitos di gunung jika prilaku kita tidak baik akan mengalami kendala saat mendaki atau bahkan sampai hilang saat pendakian. Jadi buat kamu tolong jangan berprilaku yang buruk ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.